MonthFebruary 2013

Android Programing :Persiapan Install android SDK pada Eclipse

Jumpa lagi sobat blogger kali ini blackskysoft akan memberikan artikel tentang persiapan develope aplikasi android. Ini adalah artikel pertama tentang android, sebelum memulai untuk mengembangkan aplikasi android ada beberapa hal yang harus kita persiapkan apa saya itu??? Ya tentu saja tools-tools pendukung untuk memulai pengembanganan aplikasi android, hal-hal yang wajib dipersiapkan antara lain :

  1. JDK (Java Development Kit) atau JRE (Java Runtime Environment) , program ini berfungsi agar tools pengembangan bisa berjalan normal karena tools untuk develop android menggunakan aplikasi JAVA, sehingga program ini wajib dan harus diinstall sebelum memulai develop, program bisa di donlot disini 
  2. SDK Android, program ini berfungsi sebagai emulator virtual device android untuk merunning aplikasi yang kita buat nantinya. Jika belum SDK Android bisa di download disini (Linux dan Windows)
  3. ADT (Androin Development Tools) adalah plugin untuk Eclipse yang mendiakan seperangkat tool yang terintregasi dengan Eclipse IDE, plugin ini memberikan banyak fitur yang membantu pengembangan menjadi lebih cepat. ADT menyedikan akses GUI kepada pengguna untuk mendesain dan merancang UI aplikasi yang akan di buat. ADT plugin ini dapat di download disini.
  4. Eclipse berfungsi sebagai editor compiler untuk menuliskan kode-kode bahasa pemrograman pada aplikasi yang akan kita buat dan kembangkan pada artikel ini saya menggunakan Eclipse Juno bisa didonlot disini.

Continue reading

Samsung Galaxy Fame, Ponsel Handphone Android Jelly Bean Murah dengan Prosesor 1GHz Resmi Diluncurkan

Samsung baru saja merilis ponsel handphone murah di awal bulan Februari 2013 ini, yang diharapkan menjadi penerus dari Galaxy Young. Handphone ini diberi code name “Samsung Galaxy Fame” yang juga disasarkan untuk kalangan menengah ke bawah.

Handphone memiliki ukuran layar 3.5 inci HVGA serta menggunakan sistem operasi Android Jelly Bean 4.1. Untuk melakukan proses kinerja, handphone ini memakai prosesor Single Core berkecepatan 1 GHz.

Sebagai pendukung kinerja prosesor, Samsung menyematkan RAM berkapasitas 512MB pada handphone ini. Di bagian belakang, terdapat kamera 5MP yang dilengkapi dengan fitur LED flash. Tak lupa terdapat sebuah kamera sekunder yang berada pada bagian depan handphone.

Mengenai kapasitas penyimpanan, ponsel handphone murah ini mempunyai memori internal sebesar 4GB dengan baterai berkapasitas 1300 mAh. Tak lupa, Samsung juga menyematkan fitur NFC pada handphone ini. Sayangnya, pihak Samsung belum mengumumkan untuk  harga pasti serta peluncuran jadwal peluncuran ponsel handphone murah ini ke pasaran.

(Sumber : beritateknologi )

 

 

Cara Menghapus Dual Booting Linux Ubuntu dan Windows 7

Beberapa waktu yang lalu saya coba install Dual Booting Windows 7 dan Ubuntu 10.10 Maverick  di laptop Axioo saya. Ya walaupun dengan susah payah mencoba menginstal akhirnya berhasil juga, kenapa susah??

“ Gini cerita nya laptop yang saya menggunakan Chipset SIS M672 nah dari beberapa referensi yang saya dapat linux paling bandel jika disandingan dengan laptop yang memakai Chipset SIS, tapi setelah berusaha akhirnya berhasil juga menjalankan instalan linux”. Dari sini lah saya memutuskan untuk menghapus Linux Ubuntu dual Booting Windows 7 dan Ubuntu yang ada pada laptop Axioo saya.

Tapi tidak sampai disitu saja ceritanya… ternyata eh ternyata ….. setelah saya mengahapus linux ubuntu dan merestart laptop  ,yang muncul malah pesan ERROR…ERROR gitu…. . Hal ini disebabkan karena boot loader yang di pakai saat akan masuk booting Windows 7 menggunakan bootloader milik Linux sudah terhapus.

Setelah browsing melanglang buana di dunia maya dengan bermacam keyword yang berhubungan dengan “Cara Menghapus Linux Ubuntu Dual Booting Windows 7 dan Ubuntu” akhirnya…. Jreengg!!!! Ketemu apa yang saya cari-cari. Kalo ada yang mengalami kasus yang seperti saya alami berikut langkah-langkah yang harus lakukan (100% berhasil terbukti ampuh) :

Pada kasus seperti ini yang kita butuhkan adalah DVD instalasi windows 7 . Saya harap agan-agan sekalian baca hingga selesai terlebih dahulu langkah-langkah berikut ini.

  1. Booting komputer dari CD/DVD
  2. Pada menu Repair masuk ke pilihan Command Prompt.
  3. Untuk menghapus bootloader Linux pada saat booting, ketikkan pada CMD  bootsect /nt60
  4. Dan untuk mengembalikan bootloader primary pada windows 7, ketikkan lagi command  bootrec /fixmbr
  5.  Kemudian restart komputer.

Command pada cmd menu repair befungsi agar booting windows 7 kembali menjadi primary boatloader.
Eit… Tapi belum selasai sampai disni saja, sistem dan file-file di pastisi tempat menginstal Linux Ubuntu masih . Untuk menghapusnya kita dapat menggunakan Disk Management yang ada pada windows 7 agar semua drive yang ada akan muncul. Beikut langkah-langkah nya

  1. Start, kemudian klik kanan pada Computer dan klik Manage. Note : Anda harus mengakses komputer sebagai administrator
  2. Untuk menghapus seluruh file Ubuntu, pada menu Disk Management klik kanan pada drive tempat Ubuntu diletakkan dan pilih Delete Volume
  3. Drive yang kita delete tersebut belum bisa kita gunakan. Untuk mengaktifkannya kembali, klik kanan pada drive tersebut dan klik New Simple Volume
  4. Klik Next, dan tetapkan kapasitas yang akan digunakan, jika ingin menggunkan seluruh kapasitas drive langsung klik Next
  5. Pilih path pada Assign the following drive letter, kemudian Next
  6. Pada Volume label tuliskan nama untuk drive tersebut, kemudian Next dan Finish.

Itulah langkah-langkah yang saya lakukan untuk mengembalikan sistem saya menjadi seperti yang saya harapkan dan harapan saya semoga artikel ini dapat bermafaat dan membantu.