Halo semuanya apa kabar?? Semoga kabarnya baik dan sehat semua ya bagi yang berkunjung ke webblog saya ini. Ini adalah tulisan saya yang pertama untuk di tahun 2017 ini. Maklum banyak kesibukan di dunia nyata sehingga terkadang postingan saya hanya sekedar share tugas perkuliahan bagi mahasiswa yang saya ajar.

Kali ini saya akan menceritakan bagaimana cara membuat akun Jenius BTPN,, eitttss tunggu dulu sepertinya saya lupa ya untuk menjelaskan apa itu Jenius BTPN. Jenius BTPN adalah BTPN PINTAR,,,.. hahaha.. Bukan itu sih artinya walaupun nama produknya Jenius BTPN. Oke jadi seperti ini yang namanya jenius.

Experience
Banking Reinvented

Cara mudah, cerdas, dan aman untuk mengelola kehidupan dan keuanganmu. Kapan saja dan di mana saja. Langsung dari smartphone kamu. – Jenius.com

Jadi kalo kita ke websitenya jenius menerangkan bahwa  “Jenius” adalah produk / layanan perbankan elektronik yang dikeluarkan oleh Bank. Dimana bank yang mengeluarkan produk ini adalah Bank BTPN. Jadilah namanya Jenius BTPN. 

Jenius adalah sebuah aplikasi berbasis mobile yang dapat di install pada handphone android dan ios

Dengan Jenius, kita memiliki kendali penuh dalam mengatur keuangan melalui smartphone dengan aman, mudah, cerdas dan kekinianTerdapat banyak fitur baru yang hanya ada di Jenius. Selain dapat membuka tabungan melalui smartphone tanpa perlu ke bank,  kita akan menemukan cara baru mengatur Life Finance dengan $Cashtag, Save It, Send It, Pay Me, Split Bill, eCard, dan lain-lain. Dengan Jenius, Anda dapat mengatur Life Finance dengan mudah, cerdas, dan aman.

Begitulah yang di namakan si Jenius BTPN. Oke sepertinya sudah pada tau kan apa itu Jenius BTPN. Berikutnya mari kita lihat apa saja fitur yang dapat kita lakukan melalui aplikasi jenius ini.

  1.  Feature In & Out (Fitur untuk melihat, menelusuri, dan mengunduh seluruh histori transaksi, kamu bisa menentukan filter berdasarkan tipe, kategori, rentang waktu, dan besarnya transaksi.
  2. Send It ( Fitur Kirim/ Transfer uang selain dengan nomor rekening, kita bisa kirim uang ke siapa pun menggunakan $Cashtag, nomor telepon, atau e-mail. Kamu juga bisa menghemat waktu dengan membayar/menjadwalkan pembayaran tagihan telepon, air, TV, dan internet)
  3. Pay Me ( Fitur ini gampangnya adalah fitur untuk nagih utang,,, hahahahaha. Gak perlu drama jika ada yang berutang dan belum dikembalikan. Sekarang kita bisa kirim permintaan uang menggunakan $Cashtag dan nomor telepon/alamat e-mail dari daftar kontak di smartphone-mu yang punya utang ke kamu ^_^ )
  4. Save It ( Fitur cara baru menabung yang membuat uangmu tumbuh lebih cepat)
  5. Card Center ( Nah Fitur ini sebenarnya yang saya incar,,heheheh. Card Center adalah tempat untuk mengendalikan semua kartu debitmu sekaligus mengatur aktivitas keuanganmu. Sekarang kamu bisa kendalikan kartu sesukamu tanpa membuang banyak waktu )
  6. Split Bill (Fitur Sekarang kamu bisa berbagi bill ke siapa pun dengan mengirimkan permintaan uang sesuai jumlah tagihan menggunakan Jenius/SMS.)

Untuk penjelasan lengkap dari fiture” ini langsung ke web jenius saja ya..

Oke kembali ke topik awal sesuai judul di atas, sampai tulisan ini saya posting untuk layanan aktivasi jenius oleh Jenius Crew hanya mengcover area Jabotabek. Saat ini saya berada diluar area yang di cover Jenius Crew untuk aktivasi (Lokasi saya ada di Palangkaraya – Kalimantan Tengah).

Saya coba saja iseng pagi ini untuk download aplikasinya di playstore dan mengisi form pendaftaran sama sahabat saya mas Rommi. Oh iya sebelum mendaftar ada beberapa persyaratan yang harus di siapkan untuk proses registrasi, silahkan di siapkan KTP, NPWP, Smarthphone Dengan Fitur Kamera Bagus dan selfie camera.

Sudah disiapkan belum,??

Oke kalo sudah di siapkan silahkan install dulu aplikasinya kemudian register user baru. Isi kan semua data-data yang diminta pada form registrasi aplikasi. Diantaraya form yang di isi antara lain email ini berguna sebagai username untuk login, $Cashtag (sebagai id), password login (uniq password), token pin password (6 Digit),  NoHandphone ini berguna untuk konfirmasi kode verifikasi saat melakukan login awal, untuk biodata menggunakan biodata sesuai yang tertera di KTP, data nomer NPWP Pajak (untuk ini bisa di skip di awal cman dalam waktu 14 hari harus di verifikasi), kemudian ada proses pengambilan foto untuk foto KTP, Foto Selfie dengan KTP, dan foto NPWP.

Jika data form regirtrasi sudah di isi semua klik saja kirim. Jika data form registrasi sudah diisi dengan benar kita akan di arahkan kehalaman dashboard aplikasi jenius .

Pada halaman dashboard saat setelah registrasi terlihat bahwa akun belum teraktivasi, jadi untuk dapat menggunakan fitur jenius kita harus mengaktifasi akun kita terlabih dahulu. Ada beberapa cara untuk mengkatifvasi adana bisa membaca di ketentuan aktivasi di halaman informasi aktivasi jenius.

Sesuai judul karena lokasi saya saat ini tidak di cover Jenius Crew saya menggunakan cara dengan mengunjungi BTPN Sinaya dan Purna Bakti terdekat dan membawa KTP asli untuk verifikasi. Pada kasus saya, saya dan mas rommi mengunjungi kantor mbak BTPN “Sinaya” di kota saya di Palangkaraya.

Setelah sampai di kantor dan bertemu mbak-mbak cs nya saya dan mas rommi (kebetulan mas rommi registrasi jenius app di kantor mbak Sinaya) dan saya di minta untuk menunjukkan KTP dan ada beberapa form lagi untuk di isi melengkapi data. Kemudian mbak CS menginputkan data dan menginfokan kepada saya bahwa data sudah di proses dan dikirimkan ke Jenius. Karena yang dapat mengaktifkan akun hanya jenius.com karena beda sistemnya kata mbak CS. Dan nanti setelah aktif akan ada email dari pihak jenius.

Setelah menunggu sekitar 2 jam saya mendapatkan email dari pihak jenius yang menginformasikan bahwa akun jenius saya aktif.

Dan saya cek di app jenius untuk tombol aktivasi akun sudah tidak ada yang mengindikasikan bahwa akun genius saya sudah aktif.

Tetapi setelah akun genius aktif ada yang harus di aktifkan lagi teman-teman apakah itu??? Ya yang perlu di aktifkan lagi adalah m-Card.

Dan untuk mengaktifkan kartu ini memerlukan kode 3 Digit terakhir CVV pada kartu debit VISA Jenius.

Nah untuk cara pengaktifan akun jenius sudah saya share pengalaman saya. Cerita ini nanti akan kita lanjutkan di pengaktifan kartu ya, karena saya berada di luar pulau jawa memerlukan beberapa waktu agar m-Card Jenius untuk mengaktivasi dapat terima saya terima. Dapat info dari mbak CS bank tadi sih paling lama 2 Minggu.

Oke sekian dahulu cerita dari saya untuk pengalaman mengaktivasi akun jenius BTPN. Tetap tunggu update dari cerita ini ya?? – NEXT ->  #cara_aktivasi_mCard