Laptop? Display Capture Hanya Muncul Blankscreen pada OBS: Open Broadcaster Software

Assalamualaikum.wr.wb….. Hallo fren… Selamat pagi semuanya, tulisan ini saya untuk mengisi waktu disela-sela WFH (Work Form Home). Semoga teman-teman yang kebetulan mampir di bloag ini semua dalam keadaan sehat dan di jauhkan dari si COVID-19 saat ini ya… Aaamiiiin.

Oke langsung saja deh sesuai judul di atas saya atas saya menggunakan OBS untuk menunjang pekerjaan saya saat WFH ini saya di haruskan untuk membuat pembelajaran yang bisanya langsung tatap muka menjadi sebuah video agar mahasiswa/i saya bisa tetap menerima pembelajaran melalui Learning From Home (LFH).

Yang mau coba aplikasi OBS ini bisa langsung ke linknyanya disini . Untuk cara instalasi dan cara donload saya tuliskan didalam post terpisah ya karena posting ini kita akan fokus membahas permasalahan yang saya alami saat install di laptop saya spesifikasi laptop saya adalah sebagai berikut:

  1.  Laptop ASUS A4055U
  2.  Memory 8GB
  3.  SSD 128 GB / HDD 1 TB
  4. Graphic Card NVIDIA GeForce 940mx
  5. OS Window 10 64-Bit
  6. CPU Intel Core i5-7200u

Gimana lumayan kan speknya,,, hehehehe.. jadi pamer,.. hahahaha… Gak ah bercanda…

Saat intalasi proses berjalan lancar jaya tapi pas mau mulai setup buat record layar buat nampilin presentasi pakai sofware ini eh… malah nemu masalah ini. Saya mikir apa laptopnya error/ada masalaha sama Graphic Card saya atau sofwarenya yang corrupt. Disinilah saya jadi bingung karena niat awal mau pakai ini OBS karena software ini Free dan Open Source dan tersedia untuk beberapa OS Computer.

Saya sempat bingung kenapa kok bisa gini ya, .. oh iya ini tampilan dari aplikasi OBS dengan Display Capture tampilannya Blank Screen cuyyy…

Harusnya tampilannya seperti ini kalo saya lihat di beberapa setup punya teman-teman netizen lain,,,,

soucre image : google image search

Akhirnya saya coba-coba setup mengikuti tutorial yang ada di youtube dan beberapa blog yang membahas bagaiman setup Record Display Layar Laptop menggunakan OBS. Saya sudah mengikuti langkah-langkah yang diberikan sampai saya coba reset default pengaaturan di OBS dan mencoba dengan teliti hasilnya tetap sama. Hingga akhirnya saya menemukan sebuah forum yang memberikan solusi yang mencerahkan dan This Solution Working On My Laptop. Untuk mengatasi problem yang sama saat ini mungkin saat ini sedang kamu alami sama seperti saya makanya kamu nyasar sampe sini kan…(Tenang Sob Kamu Gak Sendirii… Hahahahah). Begini caranya

  1. Buka pengaturan pada pada windows cari pengaturan tentang “Graphics Settings” ini bisa dengan cara cepat tekan tombol windows di keyboard trus ketik “Graphics Settings” ntar muncul gini.
  2. Pilih itu seting ya ntar muncul gini Nah nyampe sini plih “Classic App” dan browse aplikasi OSB kamu C:\Program Files\obs-studio\bin\64bit\obs64.exe (atau dimanapun kamu menyimpan intalasinya ya).  Ntar tampilan seting windowsnya jadi seperti ini: nah berikutnya melakukan setup pada OBS dengan cara klik “Option” 
    1. Jika kamu ingin menggunakan Display Capture, pilih “Power Saving”.
    2. Jika kamu ingin menggunakan Game Capture untuk menangkap game atau menggunakan encoder NVENC, pilih “High Performance”.
  3. Nah sampe sini seting sudah selesai sekarang coba close app OBS kamu dan buka kembali aplikasinya dan Taraaaaaaaaaaa….. 

Yeeeeeyyyyy… Berhasil, dah alo dah tampil seperti ini sudah selese app OBS sudah bisa digunakan untuk melakukan Display Capture pada Laptop/PC kamu. Selamat Mencoba ya Guyyyy…. Semoga Artikel ini bisa membantu permasalahanmu dan bermanfaat. Silahkan di share jika berkenan agar banyak teman-teman netizen yang punya permasalahan sama bisa terbantu dengan artikel ini ya..

See U Again On Next Post…… Wassalamualaikum.wr.wb

 

 

 

11 Comments

  1. mantap banget… ini yang saya cari cari 👍👍👍

  2. Terima kasih atas infonya,

    Sejak update windows 10 versi 2004, build 19041.450 (September 2020)
    Saya sudah utak-atik Nvidia control panel agar pakai “integrated graphic” dan masih blackscreen (sebelum update, cara ini yang biasanya manjur).

    Ternyata harus melalui setting dari windows, seperti step-step diatas.
    Semoga artikelnya dapat membantu yang lain.

  3. terima kasih mas, artikelnya sangat membantu sekali hehehe

  4. aku dah coba itu di nvidia juga udah tapi ga ada yg berhasil

    • blackskysoft-heri

      January 3, 2021 at 12:42 pm

      Atau coba update drivernya dulu sob,, Soalnya saya sudah coba dan ini cara yg berhasil saya lakukan. Ada beberapa solusi yang saya coba pada gk berhasil. Kalo setelah update tetap gk bisa mungkin bisa coba beberapa cara lainnya search saja di google ya… Mohon maaf jika cara di atas mungkin tidak cocok dengan device anda sob.. ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2024 Blackskysoft

Theme by Anders NorénUp ↑